Selasa, 01 November 2011

Peran Saya terhadap Jurusan Sistem Komputer

Masa remaja merupakan masa-masa dimana disibukkan dengan dua pilihan yang merupakan penting dalam pemikiran masa depan. Begitu juga ketika saya harus memilih jalan masa depan mana yang baik untuk saya jalani. Pilihan itu diantara kuliah atau kerja, ayah saya sangat menginginkan saya untuk kuliah agar memiliki bekal yang lebih banyak sedangkan ibu saya menyarankan untuk kerja terlebih dulu agar saya dapat membiayai kuliah saya sendiri. Bahkan dari dua pilihan tersebut ada yang menyarankan saya untuk langsung menikah dengan alasan bahwa saya perempuan, tidak perlu bersusah payah sekolah tinggi karena pada akhirnya seorang perempuan hanya akan menjadi ibu rumah tangga yang mengurusi keluarga dirumah. Itu hanya pemikiran orang-orang yang menilai saya tidak bisa apa-apa sebagai perempuan.
Tetap saja keputusan akan selalu ada ditangan diri kita sendiri. Dan akhirnya saya memilih untuk kuliah karena saya ingin mendapatkan suatu ilmu yang lebih dan lagipula ayah saya masih punya rezeki lebih dan saya bersyukur atas itu. Pilihan saya jatuh di Universitas Gunadarma, Fakultas Ilmu Komputer, Jurusan Sistem Komputer. Ketika saya memilih perkuliahan itu dengan jurusan Sistem Komputer ada beberapa pihak yang tidak setuju karena jurusan tersebut adalah jurusan teknik yang merupakan pekerjaan untuk laki-laki. Dan orang terdekat yang tidak setuju menyarankan saya untuk memilih fakultas ekonomi.
Dari awal saya memilih Fakultas Ilmu Komputer adalah karena untuk melanjutkan jurusan sewaktu SMK dulu, yaitu di SMK Telkom Sandhy Putra Jakarta yang juga merupakan sekolah teknik. Jika saya masuk ke Fakultas Ekonomi saya bahkan tidak punya basic hal-hal tentang ekonomi dan jujur saya sangat lemah dalam pelajaran matematika. Maka dari itu saya tidak bisa difakultas ekonomi, saya pun tidak memikirkan harus berhadapan dengan banyak laki-laki ketika nanti saya kuliah yang notaben nya untuk laki-laki karena dari awal saya sudah terbiasa dan mudah beradaptasi.

Ketika masa perkuliahan telah berjalan selama 1 bulan di sebagai mahasiswi Sistem Komputer kelas 1KB04, saya jadi tahu banyak tentang dunia komputer dan sistemnya. Di Sistem Komputer juga masih belajar tentang jaringan komputer yang dulu pernah saya pelajari di SMK Telkom SPJ dan diperkuliahan ini akan lebih diperdalam lagi. walaupun terkadang masih kurang yakin tentang pilihan masuk ke jurusan ini tetapi hal itu saya jadikan sebagai tantangan dalam hidup saya.
Di jurusan Sistem Komputer saya belajar tentang program-program komputer yang belum pernah saya ketahui, misalnya mata kuliah Algoritma dan Pemrograman, Pengantar Teknologi Informasi dan masih banyak lagi pengetahuan-pengetahuan yang baru saya dapatkan.
Awalnya memang sulit karena pelajaran baru untuk saya tapi karena saya mengenal dan memiliki banyak teman-teman yang baik, maka tidak menjadi hal yang sulit lagi untuk saya. Tanpa teman-teman seperti mereka mungkin saya akan sesat dan putus asa.
Jika saya lulus sebagai Sarjana 1 Sistem Komputer, mungkin saya akan membangu suatu lembaga yang mengajarkan tentang dunia komputer. Agar ilmu yang saya dapatkan tidak hanya untuk diri sendiri tetapi untuk diberikan, saling berbagi dan tukar pendapat seputar ilmu yang telah saya dapatkan sewaktu kuliah. Lembaga seperti ini juga telah banyak dicari oleh pelajar-pelajar yang juga disekolahnya telah diajarkan.
Semoga pilihan saya sekarang ini membawa berkah untuk saya pada masa depan agar saya bisa sukses dan bisa membahagiakan orang-orang yang saya sayangi seperti kedua orangtua saya, dan membalas budi mereka agar menjadi anak yang berbakti kepada orangtua. Tidak lupa juga untuk sanak saudara saya yang telah mendukung saya dengan positif dan selalu memberikan doa yang terbaik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar